Thursday, June 14, 2012

Hotel Tertua di Dunia Ada di Jepang

Memang sebelumnya hotel tertua diklaim adalah Hoshi Ryokan Hotel di daerah Komatsu, prefektur Ishikawa(718). Tetapi baru-baru ini Guiness World Record baru saja mengumumkan Hotel Tertua di dunia berubah, tetapi masih ada di Jepang, yakni Nishiyama Onsen Keiunkan,(705). Berikut ulasannya ,

Berbeda dengan "Hoshi Ryokan Hotel (718)"

Sejarah :
Nishiyama Onsen Keiunkan merupakan penginapan yang dulunya diklaim didirikan oleh Fujiwara Mahito,putra dari Fujiwara Kamatari, pengawal terdekat Kaisar Tenji (626-671).

Letak :
di daerah Hayakawa, di prefektur Yamanishi, berikut lokasinya :

Keunikan :
Merupakan Hotel bersejarah sejak abad ke 8. Yang lebih hebat lagi, Hotel ini ( Nishiyama Onsen Keiunkan ) dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai Hotel tertua di Dunia , yakni sejak tahun 705 M, yang mana sebelumnya dipegang oleh hotel di jepang pula, yakni Hoshi Ryokan Hotel (718 M). Tentu saja setelah itu, banyak wisatawan mancanegara yang tertarik ke sana baik untuk menginap atau cuma melihat-lihat.

Tetapi ternyata tidak selamanya kejayaan itu tetap berada di singgasana. Gempa berkekuatan super besar pada tanggal 11 Maret 2011 di Jepang telah merubah segalanya. Di satu sisi masih banyak orang penasaran dengan Hotel tersebut, di sisi lain banyak yang membatalkan penginapan , apalagi untuk turis domestik. Hal ini tentunya sangat merugikan pihak pengelola.

Tetapi pihak pengelola tidak diam saja. Presiden direktur Nishiyama Onsen Keiunkan " Yuji Fukuzawa " optimis hotelnya akan bisa berkembang pasca tragedi dan tetap mempertahankan pengakuan yang didapat dari Guinness World Records. Bahkan beliau bermaksud menambah rekor baru berkaitan dengan hotelnya, yakni adanya Sumber Air panas dengan Volume air terbesar tiap menitnya. Pada tahun 2005 pihaknya menggali sedalam 888 m di bawah tanah, dan menghasilkan 1630 liter air dengan temperatur 52 derajat celcius tiap menitnya.Sungguh luar Biasa.., Semoga Rekor baru bisa tercatat.

Statement Pak Yuji Fukuzawa selaku generasi ke 52 pengelola hotel ini:" Ini adalah cara yang terhormat. Kami ingin mempertahankan kelangsungan peninggalan budaya asli jepang melalui Hotel ini"




sumber : http://belajar-nihongo.blogspot.com/2011/06/hotel-tertua-di-dunia-ternyata-ada-di.html

0 comments:

Post a Comment